Geografi

Geografi

Sabtu, 22 September 2012

PRINSIP DAN ASPEK GEOGRAFI


A.   PRINSIP-PRINSIP GEOGRAFI
Dalam ilmu geografi, ada 4 prinsip utama, yaitu:
1.      Prinsip Persebaran, artinya bahwa gejala alam, dan masalah yang ada di permukaan bumi ini sangatlah bervariasi. Ada yang tersebar merata, bergerombol, bahkan tidak merata sama sekali.
2.      Prinsip interrelasi, artinya bahwa antar komponen aatau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbale balik atau saling keterkaitan satu sama lain. Prinsip ini didasarkan pada hubungan timbal balik antara satu gejala dengan gejala lainnya.
3.      Prinsip deskripsi, yaitu cara pemaparan hasil pengkajian ilmu geografi terhadap gejala, fenomena atau masalah yang ada. Pengkajian tersebut dapat berupa uraian, peta, chart, table, grafik, ataupun media lainnya.
4.      Prinsip korologi, merupakan gabungan atau perpaduan dari ketiga prinsip di atas. Dalam prinsip ini gejala dan permasalahan geografi dianalisis persebarannya, interaksi dan interrelasinya dari berbagai aspek yang mempengaruhinya.

B.   ASPEK GEOGRAFI
1.      Aspek fisik dan social
Aspek fisik dalam geografi hanya membahas unsur-unsur geosfer yang bersifat fisik antara lain meliputi tanah, air, iklim dengan segala proses alamiahnya. Sedangkan Aspek social geografi mengambil manusia dengan berbagai gejalanya sebagai objek ilmu pokok, seperti aspek kependudukan, aspek aktivitas ekonomi, social, budaya, dan politiknya.
Kedua aspek tersebut tidak dibahas sendiri-sendiri, tetapi saling berhubungan (korelasi) membentuk berbagai gejala dan fenomena yang ada di permukaan bumi yang tidak terlepas dari kegiatan alam dan manusia secara bersama-sama serta saling mempengaruhi.
2.      Objek ilmu geografi
a.      Objek material
Objek material geografi adalah geosfer yang terdiri atas litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer, dengan menekankan antroposfer sebagai makhluk yang paling berperan dalam biosfer. Ilmu geografi berada di dua pijakan, yaitu antara ilmu alam dan ilmu social.
Geografi selalu melihat pola penyebaran suatu fenomena dalam ruang atau permukaan bumi. Adapun yang menjadi ciri-ciri geografi adalah sebagai berikut:
-          Geografi melihat permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia, dan lingkungan yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia.
-          Geografi melihat penyebaran manusia dalam ruang dan bagaimana ruang dengan segala sumberdayanya.
-          Geografi melihat cirri khas suatu daerah, sehingga persamaan dan perbedaan wilayah dipermukaan bumi dapat dilihat dengan jelas.
-          Dalam mempelajari suatu fenomena atau gejala, geografi selalu mengaitkannya dengan unsure letak, jarak, penyebaran, interrelasi, gerakan, dan regionalisasi.

a.      Objek formal
Objek formal geografi adalah cara pandang dan cara berpikir terhadap gejala yang ada di permukaan bumi, baik keadaan fisik maupun keadaan sosialnya. Cara pandang geografi terhadap objek formal dapat dilihat dari organisasi keruangan (spatial setting) yang meliputi:
-          Pola persebaran gejala tertentu di permukaan bumi (spatial pattern)
-          Keterkaitan atau hubungan sesama antar gejala tersebut (spatial system)
-          Perkembangan atau perubahan yang terjadi pada gejala tersebut (spatial process)
Dari pandangan objek formal, maka akan muncul beberapa pertanyaan yang dikenal 5 WH. Maksudnya untuk mengetahui gejala yang terdapat di permukaan bumi, sehingga jelas hasil uraiannya sebagai cara pandang geografi, yaitu:
1.      What
Pertanyaan untuk mengetahui apa yang terjadi?
2.      Where
Pertanyaan khas geografi mengenai lokasi atau persebaran fenomena atau gejala di permukaan bumi, dengan tujuan untuk mengetahui dimana peristiwa itu terjadi?
3.      When
Merupakan peristiwa awal yang menjelaskan terjadinya suatu gejala atau fenomena. Pertanyaan ini untuk mengetahui kapan peristiwa itu terjadi?
4.      Why
Pertanyaan ini maksudnya untuk mengetahui mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi?
5.      Who
Mencari pelaku terjadinya suatu peristiwa, agar kita mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa tersebut atau  yang terlibat di dalamnya?
6.      How
Mencari penyelesaian suatu masalah apabila peristiwa yang terjadi sudah tampak gejala-gejalanya dan akibat yang ditimbulkannya. Pertanyaan ini untuk mencari jawaban dari bagaimana peristiwa tersebut seharusnya diselesaikan dengan baik?
Tema yang paling mendasar dari objek formal geografi adalah region, yaitu kesatuan daerah yang menunjukkan karakteristik tertentu atau cirri khas suatu tempat yang dibedakan dengan daerah lainnya. Karakteristik atau cirri khas suatu tempat itu dapat berupa aspek fisik maupun social.
Ada banyak cara untuk menentukan region, tergantung pada karakteristik apa yang akan kita gunakan. Ruang lingkup atau cakupan region pun dapat meluas mulai dari desa, kota, kabupaten, provinsi, Negara, sampai ke himpunan internasional. Regionalisasi adalah pengumpulan dan pengklasifikasian atau pengelompokan wilayah ke dalam wilayah sejenis. Dengan pengelompokan tersebut, maka akan tampak daerah yang menunjukan persamaan dan perbedaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar